Sabtu, 28 April 2018

Keris-Keris Pusaka yang Dimiliki Para Presiden Indonesia

Keris-Keris Pusaka yang Dimiliki Presiden di Indonesia - Sakralitas benda pusaka di negara kita secara keseluruhan pun tak bisa dikesampingkan begitu saja. Beragam artefak, prasasti, dan benda keramat telah membuktikan bahwa kisah leluhur kita memang tak terlepas dari hal-hal seperti ini. 

Dari sekian benda keramat yang ada, keris menjadi salah satu pusaka yang paling sering dikisahkan punya energi mistis. Tentu masih banyak jenisnya barang pusaka selain keris.


Orang-orang hebat atau orang-orang besar di tanah Jawa, seperti para raja dan presiden dipercayai memiliki barang-barang pusaka sakti sebagai penopang dan pelindung atau untuk memperlancar segala jalannya kekuasaan yang dipimpin dan digerakkan. 

Sejarah mencatat, ada beberapa pemimpin dan tokoh besar di negeri kita yang memiliki keris yang menyimpan kekuatan gaib. Sebut saja, Bung Karno, Pak Harto, dan kini Joko Widodo atau Jokowi, dipercayai memiliki barang-barang pusaka itu. 

Cerita-cerita yang menyertainya pun teramat menarik. Langsung saja kita simak daftarnya.

Soekarno 

Bapak proklamator kita ini dikenal tak begitu mempercayai hal berbau takhayul. Ia kerap lebih senang menggunakan nalarnya dalam memikirkan suatu hal.

Soekarno dalam kunjungannya ke Kuba untuk bertemu Fidel Castro.Beliau mengoleksi beberapa keris. Namun, hanya sebatas benda antik yang dikoleksi, bukan bedan pusaka yang memiliki kekuatan sakti. Meski begitu, ada koleksi keris miliknya yang diyakini menjadi tameng dirinya dari niat jahat orang di sekitarnya.

Keris-keris yang ia miliki tersebut adalah warisan raja Sisingamangaraja XII. Seperti yang telah disebutkan di atas, beliau tak percaya takhayul. Namun, orang meyakini bahwa keris-keris tersebut telah menyelamatkan dirinya dari sesuatu yang tidak diinginkan. Khususnya upaya pembunuhan dirinya, yang selalu berakhir gagal.

Soeharto

Dari sekian benda antik dan unik yang dimiliki Pak Harto, jajaran keris yang dimilikinya adalah yang pantas disebutkan di urutan pertama. Beliau memang punya perhatian khusus pada senjata pusaka Indonesia ini.

Setiap koleksi keris yang diempunya, memiliki suatu kekuatan yang sulit dijelaskan logika. Diyakini, bahwa benda pusaka inilah yang membuat dirinya hingga anak cucunya menjadi keluarga yang untouchable atau tak tersentuh oleh aparat hukum di Indonesia. 

Eksisnya kekuasaan Soeharto hingga 32 tahun itu,diyakini karena kepelikannya akan barang-barang pusaka seperti keris  sakti itu.

Joko Widodo

Joko Widodo yang sekarang menjadi Presiden RI yang ke-7 ini, seperti diberitakan oleh sejumlah media, khususnya media online, seperti detik.com, bombastis.com, blogspot.com, republika.com, kaskus, dan lain-lain ini, diyakini memiliki juga barang-barang pusaka seperti keris sakti. 

Apa nama keris sakti milik Jokowi itu? Berbagai sumber yang kita telusuri, ditemukan bahwa Presiden Jokowi memiliki sejumlah keris pusaka. Salah satunya yang terkenal adalah keris Pusaka Cahya Buwana. Ia mempoleh keris ini dari sebuah paguyuban bernama Tosan Aji Bowo Roso, Surakarta

Ini seperti diberitakan sejumlah sumber, dan tulisan ini bertolak dari sumber-sumber itu, dikatakan bahwa keris pusaka Cahya Buwana dengan dapur Pasopati yang dipersembahkan untuk Bapak Jokowi ketika menjad gubernur DKI dari paguyupan Tosan aji Bowo Roso Surakarta yang sudah diprediksi akan menjadi seorang pemimpin bangsa masa depan. 

Menurut sejumlah sumber dikatakan, keris ini bukan keris biasa. Keris ini tercipta berkat pertanda gaib yang diterima para tokoh spiritual, empu, dan budayawan yang tergabung dalam Paguyuban Bowo Roso. Kejadian-kejadian aneh tersebut terjadi ketika rombongan pelaku ritual menempuh perjalanan dari desa Blumbang ke Pringgondani.

Seperti kehadiran misterius empat ekor kera dalam barisan pembawa sesajen rombongan, serta secara entah mengapa hewan tersebut turut serta dalam prosesi kirab sesaji di desa Pringgondani itu.

Tak hanya sampai di sana saja, ketika seluruh rombongan tiba di monumen Garuda Yaksa, sebuah sinar terang berwarna biru menyala memancar dari monumen tersebut ke atas langit. 

Sebuah kejadian yang mereka sepakati bahwa ini adalah pertanda bahwa kelak salah satu putra terbaik Solo, akan menjadi pemimpin negeri ini dengan sifat kepemimpinan yang arif, amanah, dan jujur.

Apakah dengan itu, Bapak Jokowi menyandarkan kepemimpinan pada keris tersebut, tentu saja tidak. Karena kita semua tahu bahwa Bapak Presiden Jokowi adalah seorang sangat taat kepada agama. Hanya sebagai seorang Jawa, tentu keberadaan keris hal itu tidak dinafikan begitu saja, tetapi lebih diposisikan sebagai benda budaya yang dihargai. 

Bung Karno, Pak Harto, dan tokoh-tokoh Jawa, sebenarnya lebih memosisikan keris pusakan seperti itu. Buktinya, untuk Bapak Jokowi, beberapa sumber mengatakan bahwa sejumlah keris koleksi Bapak Jokowi disimpan di museum sebagai benda budaya.Sehingga keberadaan keris seperti Cahya Buwana, lebih diposisikan sebagai benda budaya itu. 

Iya, sikap kita sperti itu. Anda tidak percaya? Iya cek sendiri ke istana, siapa tahu benar-benar ada. Kalau berani.

Sumber: Disarikan dari berbagai sumber

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Keris-Keris Pusaka yang Dimiliki Para Presiden Indonesia

0 comments:

Posting Komentar