Sabtu, 05 Agustus 2017

Misteri Kesaktian dan Pusaka Soekarno Presiden RI yang Melegenda

Misteri Kesaktian dan Pusaka Soekarno Presiden RI yang Melegenda - Bukan menjadi rahasia lagi kalau pemimpin besar yang ada di Indonesia selalu diidentikkan dengan hal-hal berbau mistik. Soekarno atau Bung Karno adalah salah satu figur yang erat dihubungkan dengan hal magis itu. Bahkan, banyak orang bercerita bahwasanya Bung Karno yang merupakan presiden pertama dari Indonesia itu memiliki banyak sekali kesaktian dan juga pusaka yang membuatnya mampu membawa negeri ini menjadi merdeka.

Presiden RI Ir Soekarno menyimpan banyak koleksi benda pusaka sakti sebagai senjata gaib yang menyimpan tuah untuk kekuasaan, kewibawaan dan keselamatan. Apa saja senjata pusaka andalan gaib Bung Karno? Bagaimana misterinya?

Benar atau tidaknya dugaan itu tidak ada yang tahu. Tapi satu yang jelas, Bung Karno sangat menyukai kebudayaan Indonesia. Beliau diketahui memiliki keris dan juga memiliki kebiasaan tirakat atau bertapa di beberapa lokasi yang konon sangat wingit.

Baiklah tanpa berpanjang lebar lagi, inilah lima misteri tentang kesaktian dan pusaka Bung Karno yang konon sangat melegenda itu.

1. Ajian Lembu Sekilan

Semua orang tak menampik bahwa Bung Karno adalah salah satu figur yang sangat sakti mandra guna. Raja atau presiden pertama dari Indonesia ini dikatakan mampu menghindari banyak sekali mara bahaya lantaran memiliki sebuah ajian bernama Lembu Sekilan. Ajian ini konon dimiliki juga oleh Patih Gajah Mada hingga membuat Bung Karno selalu bisa selamat dari kematian.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya. Bung Karno kerap akan dibunuh oleh beberapa orang. Bahkan rencana pembunuhan Bung Karno terjadi lebih dari tujuh kali. Dari peristiwa pembunuhan itu, Bung Karno selalu bisa lepas dari maut. Masyarakat percaya bahwa selamatnya Bung Karno yang tak sekali dua kali itu tak hanya karena keberuntungan semata.

2. Pusaka Wesi Kuning

Selain Aji Lembu Sekilan yang membuat Bung Karno bisa lepas dari bahaya dan kebal dari serangan. Beliau diketahui memiliki sebuah pusaka lagi bernama wesi kuning. Pusaka ini konon hanya sebesar lidi dan kerap dibawa oleh Bung Karno ke mana-mana dengan dimasukkan ke dalam kantong baju.

Seperti halnya Aji Lembu Sekilan yang membuat Bun Karno kebal dari mara bahaya. Pusaka wesi kuning diketahui membuat seseorang yang memakainya jadi kebal senjata. Selain itu, gangguan secara fisik atau pun supranatural tak akan bisa diberikan karena akan mental dengan kesaktian pusaka yang selalu dibawa oleh Bung Karno. Oh ya, pusaka wesi kuning konon juga dimiliki oleh Menak Jinggo yang menyerang Majapahit.

3. Tongkat Komando

Tongkat Komando bung karno

Bung Karno memang selalu mengelak jika dikatakan memiliki jimat atau pusaka. Seperti saat beberapa orang menanyakan kesaktian dari tongkat komando yang selalu dibawa ke mana-mana oleh Bung Karno ketika menghadiri acara baik di dalam mau pun di luar negeri. Tongkat komando yang dimiliki oleh Bung Karno itu konon berisi keris kecil yang sangat sakti.

Satu tongkat digunakan atau dibawa saat berkunjung ke luar negeri, satu digunakan untuk berhadapan dengan para jenderalnya, dan satunya lagi dipakai ketika pidato hingga membuatnya menjadi proklamator ulung.

Presiden Kuba, Fidel Castro sempat memegang tongkat komando Ir Soekarno sembari berkata, "Apakah tongkat ini sakti, seperti tongkat kepala suku Indian?" Bung Karno hanya tersenyum lebar dan menampik tentang pandangan tongkatnya yang dianggap sakti itu.

Sejumlah kalangan berpandangan, tongkat komando milik Soekarno berisi keris pusaka ampuh dan sakti yang ada di dalam tongkat. Selain itu, kayu yang dipakai bukan sembarang kayu, tapi terbuat dari kayu pucang kalak yang hanya ada di pegunungan Kalak, Ponorogo, utara Pacitan.

Benar atau tidaknya cerita itu tidak ada yang tahu. Yang jelas, tongkat komando itu terbuat dari kayu Pucang Kalak yang konon memiliki energi magis yang besar. Selanjutnya kayu itu diberikan kepada seniman di Yogyakarta agar menghasilkan tiga tongkat komando yang digunakan sesuai acara.

4. Keris Peninggalan Perang Puputan

Keris Peninggalan Perang Puputan milik bung karno

Benar atau tidaknya Bung Karno memiliki keris peninggalan perang Puputan masih simpang siur. Banyak yang bilang bahwa Bung Karno menerima keris 

itu dari Ibunya yang masih memiliki darah Bali. Keris itu mampu melindungi Bung Karno dengan baik hingga akhirnya melenggang menjadi pemimpin Indonesia.

Menurut cerita lain, Bung Karno sama sekali tidak mempercayai adanya kekuatan hebat dari keris. Beliau hanya mengagumi kerajinan asli Indonesia dalam hal ini seni membuat keris yang sudah semakin langka dan susah ditemukan lagi di era modern seperti sekarang.

Inilah 4 misteri tentang kesaktian dan juga pusaka dari Bung Karno yang merupakan presiden kita yang pertama. Benar atau tidaknya cerita ini mungkin masih bisa simpang siur. Tapi yang jelas, Bung Karno adalah salah satu pemimpin Indonesia yang sangat hebat.

5. Tongkat monyet

Pusaka andalan ini diperoleh Soekarno saat menjalani pengasingan di Ende, Flores. Di tempat itu, Bung Karno pernah menjalani tapa atau semedi di kawah Tiwy Ata Polo dan Tiwu Nua Muri Koo Faai.

Tongkat yang biasa digunakan untuk jalan-jalan di Kota Ende tersebut memiliki pahatan berbentuk monyet pada bagian kepala tongkat. Bila bertemu dengan penjajah Belanda, Soekarno biasanya memakai tongkat monyet untuk mengarahkan kepala tongkat ke arah muka mereka.

6. Batu cincin

Batu cincin milik Soekarno diyakini mengandung tuah yang membawa dampak positif. Bentuknya terdapat lubang cairan hitam dengan biji kecil yang mengapung di atasnya dan tidak tenggelam.

"Jangan lupa. Batu ini membawa untung," ujar si pemberi batu cincin kepada Soekarno. Baginya, batu cincin itu membawa energi positif yang bisa membantunya dalam perjuangan melawan penjajahan Belanda.

7. Koleksi senjata pusaka

Mungkin saja, ada banyak koleksi senjata pusaka andalan Soekarno yang belum diketahui publik. Namun, Guruh Soekarnoputra pernah mengatakan, benda-benda pusaka milik ayahnya itu berasal dari leluhur, istana dan negara.

Bentuk pusakanya beragam, seperti tombak, keris, tongkat komando, batu cincin, dan lain sebagainya. Benda itu ada yang didapatkan dari Istana Bogor, Istana Merdeka dan Batutulis.

Pusaka andalan Ir Soekarno kebanyakan berasal dari jalur ayah dan kakek moyangnya yang berdarah Majapahit. Sementara itu, nenek dari ibunya berasal dari keturunan Raja Buleleng.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Misteri Kesaktian dan Pusaka Soekarno Presiden RI yang Melegenda

0 comments:

Posting Komentar