Rabu, 05 Juli 2017

Pamor Keris adalah Hiasan pada Bilah Keris

Pamor Keris adalah sejenis hiasan berupa motif tertentu yang seolah-olah terlukis pada permukaan sebuah keris atau tombak, cudrik, patrem dan lain-lain. Selain menampilkan keindahan, pamor keris juga dapat membangkitkan rasa kagum seolah menambah prabawa keris itu. Bahkan ada sebagian ahli keris yang mengatakan bahwa dari pamornya, keris itu dapat dilihat, tergolong keris baik atau keris buruk.


Bentuk pamor juga bermacam-macam. Ada yang bentuknya mirip batang pohon, lengkap dengan cabang dan rantingnya, ada yang berbentuk bulir padi. Ada yang berupa motif terpisah-pisah macam beras berserakan. Ada lagi yang berbentuk untaian bunga, bulan sabit dan lain-lain.

Warna pamor ada beberapa macam. Ada yang keputih-putihan, ada yang hitam kebiruan atau kehijauan, ada yang agak putih kekuningan, ada yang kuning kemerahan. Warna pamor itu tergantung pada unsur kimiawi dari bahan-bahan logam yang digunakan untuk membuat keris itu.

Bagian pemor yang terlukis pada permulaan keris itu, bukan merupakan hiasan tempelan, melainkan unsur logam yang benar-benar sudah menyatu dengan tubuh keris. Memang, akhir-akhir ini beberapa kali ditemukan adanya keris-keris dengan pamor tempelan, namun sebenarnya pamor tempelan semacam itu, bukanlah pamor keris yang sebenarnya. Keris dengan pamor tempelan semacam itu, biasanya lebih indah dari keris yang sebenarnya. Namun bagi mereka yang mengerti tentang keris, akan segera tahu, bahwa keris dengan pamor tempelan nilainya lebih rendah dibandingkan dengan keris yang asli pamornya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pamor Keris adalah Hiasan pada Bilah Keris

0 comments:

Posting Komentar