Selasa, 04 Juli 2017

Bahan Warangan Keris dan Cara menyimpannya

Bahan Warangan Keris dan Cara menyimpannya - Warangan adalah sejenis racun, istilah ilmu kimianya, arsennicum. Warangan ini tergolong jenis racun yang kuat. Orang awam, selain mengenalnya sebagai bahan untuk mewarangi keris, juga menggunakannya sebagai racun tikus. Begitu kuat racun warangan, sehingga seandainya ada tikus yang mati karena makan racun warangan dan bangkai tikus itu dimakan kucing, maka kucingnya juga akan mati.

Apa Itu Warangan Keris dan cara menyimpannya

Karena sifat racunnya yang kuat inilah maka kita harus menyimpan dan menggunakannya secara hati-hati. Jaman sekarang, kalau kita membeli warangan, biasanya si penjual akan membungkusnya dengan pembungkus plastik. Simpanlah warangan itu, tetap dalam keadaan terbungkus plastik, jika kita tidak akan segera menggunakannya. Tempatkan warangan yang terbungkus plastik itu pada sebuah cupu atau botol kecil berleher lebar atau plastik bekas tempat pil. Tutuplah rapat-rapat, kalau perlu perkuatlah tutup itu dengan cellotape atau kertas perekat.

Tuliskanlah kata : "Racun" pada tempat penyimpanan warangan itu, kalau perlu bubuhi tanda "racun" berupa tengkorak dengan silang tulang dibawahnya. Jangan pula menaruh dekat dengan obat-obatan di kotak obat. Sebab kalau sampai salah ambil, berbahaya.

Tempat paling baik dan paling aman untuk menyimpan warangan adalah di dekat penyimpanan keris. Seandainya tempat penyimpanan keris di lemari pakain, maka rekatkanlah botol atau tempat penyimpanan warangan itu di dinding lemari, dekat dengan keris-keris yang disimpan. Untuk merekatkannya dapat digunakan plester atau cellotape.

Jangan menyimpan warangan di tempat yang terbuat dari bahan logam, karena oksidasi, warangan dapat bereaksi secara kimiawi dengan tempat yang terbuat dari logam itu, sehingga mutu warangan bisa berubah dan menjadi kurang baik untuk digunakan mewarangi keris. Tempat terbaik untuk digunakan menyimpan warangan adalah yang terbuat dari gelas atau beling. Kalau tak ada tempat yang semacam itu, boleh digunakan tempat dari porselain atau plastik.

Bungkus warangan yang terbuat dari kertas atau plastik, jangan dibuang sembarangan, karena berbahaya. Bungkus kertas itu beracun dan berbahaya untuk orang lain. Sebaiknya bungkus-bungkus kertas atau plastik segera dibakar agar tidak membahayakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahan Warangan Keris dan Cara menyimpannya

0 comments:

Posting Komentar