Sabtu, 03 Juni 2017

Membedakan Keris yang Memiliki Kekuatan Ghaib atau Tidak

Membedakan Keris yang Memiliki Kekuatan Ghaib atau Tidak
Keris Dhapur Sabuk Inten
Dimuka bumi ini terdapat berjuta-juta keris, lebih-lebih di tanah Jawa. Namun tidak semua keris mempunyai kekuatan atau menyimpan daya magis/ghaib. Bagi orang awan yang sama sekali tak mengenal tentang keris, maka tak akan bisa membedakan mana yang ada tuahnya/kekuatan ghaib dan mana keris yang sekedar besi biasa.

Bagi yang percaya dengan benda pusaka ini, jika di dalamnya ada kekuatan ghaib, maka tentu akan dirawatnya dengan baik. Sebab kaadangkala keris yang bertuah itu mendatangkan keberuntungan sebagai pelindung keselamatan dan lain sebagainya. Namun bagi kolektor, tidak akan memperhatikan tentang apakah keris itu ada tuahnya atau tidak, yang penting mempunyai nilai estetik dan nilai antik.

Kenyataan memang banyak keris yang ada isinya (tuah atau berkekautan ghaib), bisa dimanfaatkan oleh yang memilikinya. Keris yang mempunyai kekuatan ghaib (yang ada yoni/isi/tuah) biasanya tidak dipakai untuk menikam musuh dan jarang yang diwarang (diberi racun). Sebab daya pancaran kekuatan ghaibnya sudah bisa memberi kekuatan, penolak balak, melumpuhkan musuh tanpa mencederai dan lain sebagainya. 
Membedakan Keris yang Memiliki Kekuatan Ghaib atau Tidak
Keris Dhapur Pulanggeni
Pernah terjadi Sedayu Gresik, kebakaran di sebuah kampung. Tiga buah rumah habis dilahap api. Namun ada satu rumah yang sama sekali tidak tersentuh api. Padahal jaraknya hanya satu meter saja. Rumah itu disebelah timur rumah lainya sudah dilahap api. Sedangkan angin meniup dari barat dengan kencang. Yang mempunyai rumah, masih selamat tidak terbakar. Pada saat api mengamuk, keris itu dicabut dari warangkanya dan diarahkan ke kobaran api. Sesuatu pemandangan yang ghaib, ternyata api seolah-olah tertiup angin dari arah timur, padahal saat itu angin dari barat meniup kencang. Kobaran api roboh ke barat dan rumah bisa diselamatkan. Perlu diketahui keris itu mempunyai luk lima kelokan dan memiliki dua buah greneng, namanya pulanggeni.

Banyak juga orang yang melakukan semedi atau "mbentur klakuan", misalnya dengan puasa mutih empat puluh hari empat puluh malam. Kemudian ketika telasan (waktu terakhir/penghabisan) yakni di hari ke empat puluh, ia mendapatkan sebuah keris. Keris yang didapatkan dengan cara demikian ini, sudah pasti ada tuahnya (isi atau kekuatan ghaibnya). Sebab keris itu datang dengan sendirinya. Jika dipikir memang tidak masuk akal, sebuah benda mati bisa datang di pangkuan seseorang. Tapi memang demikianlah kenyataanya.
Membedakan Keris yang Memiliki Kekuatan Ghaib atau Tidak
Keris Dhapur Jangkung
Keris yang masih terdapat kekuatan ghaib di dalamnya bisa juga dibuat untuk menyembuhkan penyakit seseorang, terutama penyakit gangguan lelembut, terkena teluh, terkena jin, terkena semar mesem dan lain sebagainya. Namun ada pula yang  bisa dibuat untuk menolak api, menolak hujan, menolak penjahat, rampok, dan lain sebagainya. Ada pula keris yang dibuat untuk sirep. Sirep ialah membuat seseorang tertidur pulas dan tak akan bangun-bangun kecuali jika dirapal sebuah aji-aji. Biasanya keris untuk sirep ini dimiliki oleh para pencuri di jaman dulu dan adakalanya keris dipakai teluh dan lain sebagainya.

Suatu ketika saya pernah melihat sendiri suatu kejadian yang ajaib atas sebuah keris. Salah seorang teman memperlihatkan sebuah kerisnya kepada teman lain. Ketika dipegang oleh temannya, keris itu masuk ke dalam telapak tangannya sampai akhirnya tidak keliahatan masuk ke tubuhnya. Sementara telapak tangannya itu tidak apa-apa. Perlu diketahui keris itu hanya sebesar jari telunjuk. Keris tersebut pegangannya sudah hilang, tinggal besinya saja. Bukankah hal yang aneh dan tampaknya hayalan belaka, namun kejadiannya sungguh nyata. Mungkin itulah yang dinamakan keris yang masih ada tuah atau isi kekuatan ghaibnya.

Keris banyak diburu dan dijual orang. Kita harus berhati-hati dengan penjual keris. Sebab kadangkala untuk menaikkan harga keris, si penjual membual bahwa keris itu sangat ampuh. Misalnya yang membeli seorang pejabat, maka dikatakan keris tersebut bertuah dan bisa mempercepat naik pangkat atau menambah wibawa. Jika yang dihadapannya itu dukun, dikatakan keris itu bisa dibuat untuk menyembuhkan segala penyakit dan lain sebagainya. Bagi yang mudah percaya, maka bualan seperti itu segera diterima dan keris dibelinya dengan harga mahal. Namun bagi ahli tidaklah mudah percaya sebelum ia membuktikan sendiri, apakah keris itu ada kekuatan magis atau hanya sekedar besi biasa. Sebab itulah hendaknya kita berhati-hati.

Keris yang bagus yang masih lengkap, baik lambe gajah, greneng, kudupnya utuh atau kembang kacangnya. Di samping itu masih ada kekuatan ghaibnya. Untuk mengetahui apakah keris itu ada isi atau kekuatan ghaibnya atau tidak, maka perlulah waktu dan ilmu pengetahuan.Ilmu pengetahuan yang harus dimiliki disebut "menayuh isi keris".

Seorang yang sudah ahli menayuh isi keris, biasanya mampu menyatukan konsentrasi sehingga seluruh jiwa dan perasaannya diarahkan kepada keris yang ingin diketahui isinya. Di samping penyatuan perasaan, tentunya yang  tidak boleh dilupakan ialah doa kepada Tuhan YME, meminta petunjuk atas pekerjaannya dalam menayuh keris tersebut. Dari situlah keris akan dapat diketahui apakah ada kekuatannya atau tidak.

Untuk pemahaman lebih dalam baca juga cara menayuh keris, baik menayuh melalui mimpi dan menayuh secara langsung

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Membedakan Keris yang Memiliki Kekuatan Ghaib atau Tidak

0 comments:

Posting Komentar