Jumat, 02 Juni 2017

Jenis-Jenis Pamor pada Ganja Keris

Pamor pada ganja keris biasanya mempunyai warna sendiri yang berbeda dengan nama pamor bilah walau variasinya lebih sedikit. Ada yang mengatakan pamor di ganja ini juga mempunyai tuah dan arti tersendiri, berikut jenis-jenis pamor pada ganja keris :

PAMOR WINIH
Jenis-Jenis Pamor pada Ganja Keris
Atas Pamor Winih dan Bawah Pamor Sumber
Mirip pamor Udan Mas tetapi setiap sisinya hanya ada satu atau dua bulatan, kadang hanya satu sisi dan satu bulatan saja. Kata Winih berasal dari “benih”. Seperti namanya , pamor ini dipercaya mempunyai daya untuk “menumbuhkan” suatu harapan. Juga dianggap baik bagi mereka untuk berdagang atau wiraswasta karena baik untuk pengembangan modal.

PAMOR SUMBER.

Seperti Pamor Winih, hanya bulatannya paling sedikit ada tiga (gambar diatas), tuahnya sama dengan pamor Udan Mas.

PAMOR MAS KEMAMBANG
Pamor Mas Kemambang
Mirip kue lapis, ada yang hanya dua lapis tetapi ada yang berlapis-lapis. Baik untuk yang banyak berhubungan dengan orang karena memperlancar
pergaulan.

PAMOR TUNDUNG MUNGSUH
Jenis-Jenis Pamor pada Ganja Keris
Ganja dengan pamor seperti ini jarang sekali terdapat dan biasanya hanya pada keris “TOP” saja, dilihat dari susunan besi dan bahan  pamornya maka pamor ini mirip dengan pamor Ujung Gunung pada bilah keris dengan posisi yang melintang. Tuahnya menolak mara bahaya dan membuat lawan takut.

WULUNG
Jenis-jenis Pamor pada Ganja Keris
Ganja Wulung yaitu ganja tanpa pamor, hitam kelam saja. Khasiatnya untuk memperkuat dan memperbesar daya tuah keris. Ganja wulung
dianggap juga sebagai kamuflase terhadap jenis pamor pada wilahnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis-Jenis Pamor pada Ganja Keris

0 comments:

Posting Komentar