Senin, 24 April 2017

Antara Adeg, Mrambut dan Ilining Warih (Banyu Mili)

Antara Adeg, Mrambut dan Ilining Warih (Banyu Mili) - Ketiga Pamor keris ini bentuknya berupa garis-garis. Adeg berupa garis-garis yang tidak terputus dari bagian sor-soran sampai ujung, sedangkan Mrambut serupa benar dengan Adeg, tetapi garisnya terputus-putus. Pamor Ilining Warih/Banyu Mili sama dengan pamor Adeg, hanya saja garisnya bercabang dibeberapa tempat. Jadi bedanya apabila garis tidak terputus disebut Mrambut dan kalau bercabang namanya Ilining Warih/Banyu Mili. Dengan demikian apabila ada yang mengatakan pamor Adeg Mrambut sebetulnya tidak tepat, karena pamor Adeg ada sendiri dan Mrambut ada sendiri. Pamor Adeg dikenal di dunia tosan aji dengan nama pamor singkir, padahal singkir sebenarnya adalah nama seorang empu keris di masa lalu yaitu Ki Singkir yang kebetulan banyak membuat keris dengan pamor Adeg.

Pamor Adeg
pamor adeg

Tampilan keris ini tak beluk dan sangat sederhana, pipih dan bilahnya tidak begitu tebal, demikian juga dengan sor-sorannya. sedangkan bentuk fisiknya bagaikan seorang gadis beranjak dewasa, anggun tanpa polesan. ini membuat siapa saja tertarik untuk memilikinya. adapun pamor yang menempel pada bilahnya, bentuknya garis lurus tidak terputus-putus yang membujur dari pangkal sampai ke ujung bilah.

Pamor Adeg termasuk kategori pamor rekan dan pemilih. yakni pamor yang bentuknya dirancang terlebih dahulu oleh si empu. sedangkan pusaka yang memiliki pamor sejenis dengan pamor Adeg adalah pamor Adeg Iras, bedanya kalau pamor Adeg Iras, garis lurus yang menempel dari pangkal sampai ke ujung bilah pusaka, bersinggungan dengan bagian ganja pusaka dan pada bagian ganja, garis-garis itu seolah-olah menyambung antara satu dengan yang lain sampai bagian pesi pusaka. Secara harfiah, nama  pamor ini dapat diterjemahkan sebagai lidi sebatang. sebab gambaran bentuk pamornya memang menyerupai sebatang lidi.  

Seperti tertulis dalam buku primbon pusaka dan diyakini oleh para pecandu tosan aji, tuahnya yang terkandung dalam pusaka berpamor Adeg itu mampu untuk menangkal guna-guna, menghindari gangguan makhluk halus, angin ribut dan kebakaran.

Pamor Mrambut
Pamor Mrambut

Tampilan keris ini memiliki ganja yang lebar tapi memiliki gandik/tikel alis yang pendek dan pejetan yang kecil. Pamor ini menggambarkan rambut panjang dari ujung bilah hingga pangkal keris. Pamor ini dipercaya dapat menghindari dari bahaya, guna-guna dan gangguan makhluk halus. Pamor ini merupakan pamor rekan dan memilih yang berarti tidak semua orang dapat memiliki/cocok, hanya orang tertentu saja karena pamor ini dipercaya dapat mempengaruhi sifat dari pemilik keris dan pemiliknya diharapkan memiliki emosi yang stabil.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Antara Adeg, Mrambut dan Ilining Warih (Banyu Mili)

0 comments:

Posting Komentar